Pages

Laporan Praktikum Pengenalan AutoCAD (Draw)

 I. ACARA I         : Pengenalan Tools AutoCAD (Draw)

II. HARI, TANGGAL : Senin, 23 April 2018

III. TUJUAN

  1. Mengetahui cara menggambar desain alat 2 dimensi menggunakan AutoCAD.
  2. Mengetahui fungsi dan kegunaan Tools AutoCAD (Draw)


IV. DASAR TEORI

     AutoCAD merupakan sebuah program CAD,untuk mengambar 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang bisa mempermudah pekerjaan designer dan drafter dalam memvisualisasikan idedan gagasannya. Bulan Desember tahun 1982 AutoCAD 1.0 rilis untuk pertama kalinya, AutoCAD mengalami bayak perubahan khususnya dari tampilan dan fungsi-fungsi, mengacu pada perkembangan di dunia industry manufacturing. AutoCAD adalah sebuah program aplikasi (software) yang digunakan untuk menggambar dan mendisain gambar, seperti gambar arsitektur, mesin, sipil, elektro dan lain-lain, di mana program AutoCAD mempunyai kemudahan dan keunggulan untuk membuat gambar dengan cepat dan akurat serta bisa digunakan untuk memodifikasi gambar dengan cepat pula.Fasilitas yang dimiliki AutoCAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3dimensi sangat lengkap, sehingga hal ini membawa AutoCAD menjadi program desain (Hidayat, Rahmat, Acep. 2015).

     Point merupakan perintah yang berfungsi untuk membuat titik. Menu ini terdapat pada menu draw yang ada pada menu home yang terdapat pada menu bar, bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Point lalu klik enter setelah itu kita klik sembarang untuk memunculkan obyek titik. Line merupakan perintah yang berfungsi untuk membuat obyek garis. Menu ini terdapat pada menu Home yang terdapat pada menu bar bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Line lalu klik enter setelah itu kita klik sembarang lalu pilih di titik mana garis akan kita buat lalu klik Space untuk menghentikan garis. Polyline merupakan perintah yang berfungsi untuk membuat serangkaian Line. Menu ini terdapat pada menu Home yang terdapat pada menu bar bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Line lalu klik enter setelah itu kita klik sembarang lalu pilih di titik mana garis akan kita buat lalu klik Space untuk menghentikan garis. Yang membedakan dengan Line yaitu bila di blok maka keseluruhan garis akan terikut ke blok (Finata, Manda. 2017).

     Polygon merupakan perintah ini berfungsi untuk membuat obyek Polygon atau membuat segi banyak beraturan misalnya segi enam, segi empat dan segi delapan. Menu ini terdapat pada menu Home yang terdapat pada menu bar bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Polygon lalu masukan jumlah garis yang akan dibuat persegi setelah itu klik enter. Selanjutnya kita klik sembarang, disini kita diberikan pilihan untuk memilih membuat persegi melalui garis sudut atau melalui garis sisi. berikutnya kita tarik kursor lalu kita klik Space untuk berhenti. Rectangle merupakan perintah ini berfungsi untuk membuat obyek persegi atau membuat persegi panjang. Menu ini terdapat pada menu Home yang terdapat pada menu bar bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Rectangle lalu klik enter setelah itu kita klik sembarang lalu tarik dan pilih di titik mana kita akan membuat obyek lalu klik space untuk menghentikannya. Elipse merupakan perintah ini berfungsi untuk membuat obyek Elips atau membuat obyek bulat telur. Menu ini terdapat pada menu Home yang terdapat pada menu bar bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Elipse lalu klik enter setelah itu kita klik sembarang lalu tarik dan pilih di titik mana kita akan membuat obyek, lalu klik Space untuk menghentikannya (Finata, Manda. 2017).

     Circle merupakan perintah ini berfungsi untuk membuat obyek lingkaran. Pada dasarnya perintah ini hampir sama seperti membuat obyek Elips. Menu ini terdapat pada menu home yang terdapat pada menu bar bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Circle lalu klik enter setelah itu kita klik sembarang lalu tarik dan pilih di titik mana kita akan membuat obyek, lalu klik Space untuk menghentikannya. Sedangkan Donut merupakan perintah ini berfungsi untuk membuat obyek donat, cincin atau dua lingkaran yang pada bagian tengah antara lingkaran besar dan lingkaran kecil di arsir. Menu ini terdapat pada menu draw yang ada pada menu home yang terdapat pada menu bar, bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Donut lalu klik enter setelah itu kita tentukan diameter dalam lalu klik enter, selanjutnya kita tentukan diameter luar lalu klik enter. Selanjutnya kita klik sembarang untuk memunculkan obyeknya, bila merasa cukup kita space untuk berhenti. Sedangkan fungsi dari tools Helix merupakan perintah ini berfungsi untuk membuat obyek lingkaran berbentuk spiral untuk 2D dan berbentuk per untuk 3D. Menu ini terdapat pada menu draw yang ada pada menu home yang terdapat pada menu bar, bila menggunakan keyboard maka kita masukan perintah Helix lalu klik enter setelah itu kita klik sembarang untuk memunculkan obyek lingkaran. Selanjutnya setelah kita menentukan besar lingkaran kita tarik kursor kearah dalam lingkaran, tentukan besar tarikan bila merasa sudah cukup klik Space untuk berhenti (Sarif, 2013).


Baca juga : Contoh Essay Indonesia Emas 2045


V. ALAT DAN BAHAN

A. Alat

  1. Kompter         : 1 Buah

B. Bahan

  1. Software Autocad : 1 Buah

VI. CARA KERJA

  1. Membuat Point dengan cara klik pada lembar kerja kemudian ketik POINT kemudian klik Enter. 

  2. Membuat Line dengan cara mengklik Tools Line yang ada pada menu AutoCAD lalu klik di lembar kerja kemudian tarik garis sesuai keinginan kemudian klik Enter.

  3. Membuat Construction Line dengan cara mengklik Construction Line pada Tools lalu tarik garis yang diinginkan kemudian Enter.

  4. Membuat Polyline dengan cara klik menu Polyline pada Tools klik pada lembar kemudian Enter.

  5. Membuat Polygon dengan mengklik Icon Polygon pada Tools klik pada lembar kerja kemudian Enter.

  6. Membuat Rectangle dengan cara klik Icon Rectangle pada Tools kemudian klik pada lembar kerja lalu Enter.

  7. Membuat Elipse dengan cara klik Icon Elipse pada Tools kemudian klik pada lembar kerja lalu Enter.

  8. Membuat Circle dengan cara klik Icon Circle pada Tools kemudian klik pada lembar kerja lalu klik Enter.

  9. Membuat Spline dengan cara klik Icon Spline pada Tools kemudian klik pada lembar lalu klik Enter. 

Baca juga : Laporan Praktikum Motor Bakar (Sistem Pelumasan), Lengkap dengan penjelasannya !!!

  

VII. HASIL PENGAMATAN 

Gambar dibawah ini merupakan hasil yang dilakukan pada aplikasi Software Autocad.

 




Baca juga : Laporan Praktikum Penentuan Kadar Lemak, Lengkap dengan penjelasannya !!!

VIII. ANALISIS DAN PEMBAHASAN

     Pada praktikum kali ini kita membahas tentang pengenalan Tools Draw AutoCAD. Adapun tujuan dari praktikum kali ini yaitu mengetahui perintah-perintah dasar pada aplikasi AutoCAD, mengetahui fungsi dari perintah-perintah dasar AutoCAD dan mampu menggunakan aplikasi AutoCAD. Dalam praktikum kali ini kita akan menggunakan beberapa perintah dasar yaitu point, line, Construction Line, polyline, Rectangle, Polygon, Circle, Ellipse, Donut dan Helix. AutoCAD merupakan program aplikasi yang digunakan untuk merancang atau mendesain dalam bentuk 2D dan 3D. Fungsi dari aplikasi ini yaitu untuk menggambar suatu model rancangan dasar sebelum digunakan atau dibuat bentuk nyatanya. 

      Pada praktikum ini hal pertama kita lakukan adalah membahas perintah point. Perintah ini dugunakan untuk membuat titik biasanya berfungsi untuk menentukan dititik-titik mana kita akan membuat suatu garis. Line, perintah ini digunakan untuk membuat garis lurus baik secara vertikal, diagonal dan horizontal. Pada perintah ini apabila diblok maka hanya garis-garis tertentu yang terkena blok. Polyline, hampir sama dengan Line yaitu untuk membuat garis baik secara horizontal, vertikal maupun diagonal. Yang membedakan dengan line yaitu apabila hasil gambar di blok maka semua garis akan ikut terkena blok. Rectangle, perintah ini digunakan untuk membuat garis yang berhubungan biasanya berfungsi untuk membuat model persegi atau persegi panjang. Polygon, perintah ini digunakan untuk membuat garis yag berhubungan dalam bentuk persegi, perintah ini berfungsi untuk membuat segi empat, segi lima, segi enam dan segi delapan. Dalam perintah Polygon sebelum membuat bentuk segi, kita diberi pilihan untuk membuat persegi yang dibentuk dari arah sudut dan untuk membuat persegi dari arah garis sisi. Kedua pilihan ini memiliki perbedaan walaupun kita memasukan panjang garisnya sama yaitu pada besar ukuran persegi yang dibuat. Circle, bisanya digunakan untuk membuat lingkaran, baik lingkaran besar maupun lingkaran kecil tergantung kegunaannya. Ellipse, hampir sama dengan Circle yaitu membuat lingkaran tapi berbentuk bulat telur. Dalam praktikum ini juga mempraktikkan cara untuk membuat bentuknya.

     Hal ini juga dapat dibuat dengan menggunakan Point. Donut, perintah ini digunakan untuk membuat garis lingkaran tetapi terdapat dua buah lingkaran yaitu lingkaran luar dan lingkaran dalam serta pada perpotongan kedua lingkaran tersebut terdapat arsir. Perintah ini biasanya berfungsi untuk mendesain mur baut, cincin, roda dan sebagainya. Untuk membuat garis Donut kita harus menentukan diameter lingkaran luar dan diameter lingkaran dalam. Helix merupakan sebuah lingkaran yang berbentuk spiral dalam bentuk 2D dan berbentuk per dalam bentuk 3D tergantung dari arah mana kita memandang. Perintah ini berfungsi untuk mendesain suatu logo dan sebagainya.

      Dalam praktikum ini kendala-kendala yang kita hadapi adalah susahnya untuk membuka software AutoCAD saat praktikum, serta waktu yang terbatas saat melakukan praktikum sehingga kita belum terlalu mengerti namun sudah harus pindah ke materi yang lain tentu hal ini membuat apa yang di ajarkan kurang maksimal diserap oleh praktikan. 


Baca juga : Laporan praktikum ayunan matematis, Lengkap dengan perhitungannya


IX. KESIMPULAN

     Dari praktikum yang kita telah laksanakan dan berdasrkan hasil praktik yang kita lakukan dapat disimpulkan bahwa:

  1. AutoCAD merupakan program aplikasi yang digunakan untuk merancang atau mendesain dalam bentuk 2D dan 3D.
  2. Fungsi AutoCAD yaitu untuk menggambar suatu model rancangan dasar sebelum digunakan atau dibuat bentuk nyatanya.
  3. Beberapa perintah dasar yang digunakan yaitu point, line, Constuction Line, Polyline, Rectangle, Polygon, Circle, Ellipse, Donut dan Helix.
  4. Pada perintah Helix dapat ditampilkan dalam bentuk 2D dan 3D.
  5. Dalam praktikum ini kendala-kendala yang kita hadapi adalah susahnya untuk membuka software AutoCAD saat praktikum, serta waktu yang terbatas saat melakukan praktikum sehingga kita belum terlalu mengerti namun sudah harus pindah ke materi yang lain tentu hal ini membuat apa yang di ajarkan kurang maksimal diserap oleh praktikan.



DAFTAR PUSTAKA

Finata, Manda. 2017. “Panel Tools Autocad dan Fungsinya“. http://spottekinik. blogspot.com/2017/09/panel-tools-autocad-dan-fungsinya-spot.html. Diakses pada 01 Mei 2018, Pukul 13.42 WIB.

Hidayat, Rahmat, Acep. 2015. “Laporan Praktikum Autocad dan Visual Basic”. http://aceprahmathidayat.blogspot.com/laporan-praktikum-komputer-dan.html. Diakses pada 01 Mei 2018, Pukul 13.00 WIB.

Sarif. 2013. “Perintah dan Fungsi Dasar Autocad“. http://sarif023.wordpress.com /about/perintah-dan-fungsi-dasar-autocad.html. Diakses pada 01 Mei 2018. Pukul  13.54 WIB


No comments: