Pages

Laporan Praktikum Pemrograman LCD Karakter 16x2

I. JUDUL ACARA IV : Pemrograman LCD Karakter 16x2
II. HARI/TANGGAL  : Selasa, 23 Juni 2020
III. TUJUAN         :
  1. Memahami fungsi Arduino Uno R3 sebagai unit kendali.
  2. Mampu menampilkan dan membuat sketch program Arduino Uno R3 pada LCD Karakter 16x2.

IV. ALAT DAN BAHAN
A. Alat
  1. Laptop : 1 unit
  2. Kabel USB Arduino : 1 unit

B. Bahan
  1. Arduino Uno R3 : 1 buah
  2. LCD Karakter 16x2 : 1 buah
  3. Kabel Jumper         : secukupnya

V. CARA KERJA
  1. Mempersiapkan alat dan bahan.
  2. Merangkai rangkaian LCD Karakter 16x2.
  3. Membuat program dengan aplikasi ArduinoIDE.
  4. Upload program dari laptop ke Arduino Uno R3.
  5. Melakukan percobaan pada rangkaian LCD Karakter 16x2.



VI. HASIL PENGAMATAN
A. Program LCD Karakter 16X2
#include <LiquidCrystal_I2C.h>
LiquidCrystal_I2C lcd(0x27, 2, 1, 0, 4, 5, 6, 7, 3, POSITIVE);

void setup() {
  // put your setup code here, to run once:
  lcd.begin(16,2); 
  lcd.setCursor(0,0); 
  lcd.print("INSTIPER");
  lcd.setCursor(0,1); 
  lcd.print("BISA");
  delay (2000);
  lcd.clear();
  }

void loop() {
  // put your main code here, to run repeatedly:
lcd.clear();
  lcd.setCursor(0,0); 
  lcd.print("HIMATETA"); 
  lcd.setCursor(0,1);
  lcd.print("JAYA");
  delay(5000);
lcd.clear();
  lcd.setCursor(0,0); 
  lcd.print("INSTIPER");
  lcd.setCursor(0,1); 
  lcd.print("BISA");
  delay (5000);
}




B. Rangkaian LCD Karakter 16X2




C. Hasil Rangkaian





   
VII. PEMBAHASAN
     Pada percobaan ini, rangkaian LCD yang ada mengalami penambahan dengan ditambahkan sensor LDR. Bisa dilihat ketika sensor LDR diterangi cahaya senter maka otomatis Arduino akan menampilkan kata terang, selain itu juga akan ditampilkan tegangan yang diperoleh ketika sensor diterangi cahaya senter. Sebaliknya jika sensor LDR tidak diterangi cahaya senter secara langsung, maka LDR akan membacanya sebagai “gelap” Karena tegangan yang diterima dari cahaya yang kecil, lalu sensor LDR akan meneruskan informasi tersebut kepada Arduino untuk selanjutnya Arduino menampilkan kata “gelap” sebagai indikator bahwa sensor tidak menerima cahaya secara langsung, juga menampilkan nilai teganganan yang lebih besar dari yang diterima pada saat keadaan “terang”. LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu komponen yang berfungsi menampilkan suatu data, baik berbentuk huruf, karakter maupun grafik. LCD dibuat dengan menggunakan teknologi CMOS logic yang bekerja dengan tidak menghasilkan cahaya  tetapi memantulkan cahaya yang ada disekitarnya terhadap front lit atau mentransmisikan cahaya dari back lit.
     Adapun tujuan perancangan kali ini adalah agar dapat dengan mudah merangkai dan memprogram arduino yang terhubung ke sebuah LCD 16x2 dan mengetahui cara kerja rangkaian dan program yang dibuat sehingga bisa membuat tulisan apapun yang inginkan. Disini kita menggunakan sebuah LCD 16x2 yang telah dipasang rangkaian I2C agar pengkabelan dari LCD ke Arduino menjadi lebih sedikit. LCD (Liquid Crystal Display) 16x2 adalah jenis media tampilan  atau Display dari bahan cairan kristal sebagai penampil utama. LCD 16x2 dapat menampilkan sebanyak 32 karakter yang terdiri dari 2 baris dengan tiap baris menampilkan 16 karakter.Pada Arduino untuk mengendalikan LCD Karakter 16x2 untuk librarynya secara default sudah ada librarynya yaitu LiquidCrystal. LCD  ada bermacam-macam ukuran 8x1, 16x1, 16x2, 16x4, 20x4. Untuk mengendalikan atau mengontrol macam-macam LCD Karakter di atas dapat menggunakan Tutorial ini, perbedaannya hanya pada inisialisasi jumlah kolom dan baris. Ketika rangkaian di nyalakan, arduino akan mengirimkan pesan berupa text atau angka yang telah kita buat pada sketch arduino  ke LCD melalui pin A6 dan A5 Arduino menuju pin SDA dan SCL pada LCD. Pin VCC pada LCD dihubungkan ke Pin 5V arduino untuk mencatu tegangan LCD sebesar 5V.




VII. KESIMPULAN
     Berdasarkan praktikum yang telah dilaksanakan dan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa :
  1. LCD (Liquid Crystal Display) 16x2 adalah jenis media tampilan  atau Display dari bahan cairan kristal sebagai penampil utama. 
  2. Komponen yang berfungsi menampilkan suatu data, baik berbentuk huruf, karakter maupun grafik.
  3. Mudah dihubungkan pada rangkaian I/O, dan juga lebih mudah untuk dikembangkan. 
  4. Tidak perlu perangkat chip programmer karena didalamnya sudah ada bootloadder yang akan menangani upload program dari komputer.

No comments: