Pages

Laporan Praktikum Pengenalan Komponen Alat Instrumentasi dan Teknik Kendali

I. JUDUL ACARA I : Pengenalan Komponen Alat Instrumentasi dan Teknik Kendali
II. HARI/TANGGAL  : Selasa, 23 Juni 2020
III. TUJUAN :
  1. Mengenal komponen-komponen alat instrumentasi dan teknik kendali.
  2. Memahami fungsi setiap komponen alat instrumentasi dan teknik kendali.

IV. ALAT DAN BAHAN
A. Alat
  1. Alat untuk merakit komponen : secukupnya
B. Bahan
  1. Komponen-komponen alat : secukupnya

V. CARA KERJA
  1. Mempersiapkan alat dan bahan.
  2. Mengindetifikasi setiap komponen.
  3. Memahami fungsi dan cara kerja setiap komponen.
  4. Mencatat fungsi dan cara kerja setiap komponen.



VI. HASIL PENGAMATAN
1. LED (Light Emitting Diode) RGB merupakan komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. 

2. Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari wiring platform.


3. Kabel Jamper merupakan kabel dupont biasa digunakan untuk menghubungkan kabel dengan PCB dan juga komponen-komponen elektronik pada projek breadboard.

4. Sensor Ultrasonik HC-SR04, sensor ini mengaplikasikan gelombang ultrasonik sebagai trandusernya.


5. Sensor GE Turbidity merupakan alat pengujian kekeruan dengan sifat optik akibat dispersi sinar.

6. Kabel Serial.


7. Sketch Arduino IDE merupakan sketch ditulis dalam suatu editor teks dan disimpan dalam file dengan ekstensi arduino uno.

8. LCD 16x2 I2C merupakan komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju.


VII. PEMBAHASAN
     Memproses input atau output yang menuju atau keluar dari chip ‘ARDUINO’ tersebut. Berarti bahwa sistem ini dapat berinteraksi melalui hardware dan software dengan perangkat yang ada di luar sistem ini. Arduino merupakan platform mikrokontroler dengan perangkat keras yang fleksibel, seperti komputer kecil pada sebuah chip, yang cukup mudah diimplementasikan dengan koneksi USB. Software Arduino memiliki instruksi-instruksi yang sederhana, mudah digunakan dan dipahami sehingga pemrograman input/output sistem dapat dijalankan. Arduino menggunakan pemrograman standar Arduino yang mirip dengan bahasa C. Berikut ini adalah sedikit penjelasan yang ditujukan kepada anda yang hanya mempunyai sedikit pengalaman pemrograman dan membutuhkan penjelasan singkat mengenai karakter bahasa C dan software Arduino. Untuk penjelasan yang lebih mendalam, web Arduino.cc adalah sumber yang lengkap. Struktur Setiap program Arduino (disebut sketch) mempunyai dua buah fungsi yang harus ada. Void setup( ) { }  Semua kode didalam kurung kurawal akan dijalankan hanya satu kali ketika program Arduino dijalankan  pertama kalinya. Void loop( ) { } o Fungsi ini akan dijalankan setelah setup (fungsi void setup) selesai. Setelah dijalankan satu kali fungsi ini akan dijalankan lagi, dan lagi secara terus menerus sampai catu daya (power) dilepaskan syntax.
     Berikut ini adalah elemen bahasa C yang dibutuhkan untuk format penulisan. //(komentar satu baris) Kadang diperlukan untuk memberi catatan pada diri sendiri apa arti dari kode-kode yang dituliskan. Cukup menuliskan dua buah garis miring dan apapun yang kita ketikkan dibelakangnya akan diabaikan oleh program. /* */(komentar banyak baris) Jika anda punya banyak catatan, maka hal itu dapat dituliskan pada beberapa baris sebagai komentar. Semua hal yang terletak di antara dua simbol tersebut akan diabaikan oleh program. { }(kurung kurawal) Digunakan untuk mendefinisikan kapan blok program mulai dan berakhir (digunakan juga pada fungsi dan pengulangan). ;(titk koma) Setiap baris kode harus diakhiri dengan tanda titik koma (jika ada titik koma yang hilang maka program tidak akan bisa dijalankan). 
     Sebuah program secara garis besar dapat didefinisikan sebagai instruksi untuk memindahkan angka dengan cara yang cerdas. Variabel inilah yang digunakan untuk memindahkannya. int (integer) Digunakan untuk menyimpan angka dalam 2 byte (16 bit). Tidak mempunyai angka desimal dan menyimpan nilai dari -32,768 dan 32,767. long (long) Digunakan ketika integer tidak mencukupi lagi. Memakai 4 byte (32 bit) dari memori (RAM) dan mempunyai rentang dari -2,147,483,648 dan 2,147,483,647. boolean (boolean) Variabel sederhana yang digunakan untuk menyimpan nilai TRUE (benar) atau FALSE (salah). Sangat berguna karena hanya menggunakan 1 bit dari RAM. float (float). Digunakan untuk angka desimal (floating point). Memakai 4 byte (32 bit) dari RAM dan mempunyai rentang dari -3.4028235E+38 dan 3.4028235E+38. char (character) Menyimpan 1 karakter menggunakan kode ASCII (misalnya 'A' = 65). Hanya memakai 1 byte (8 bit) dari RAM.




VIII. KESIMPULAN
     Berdasarkan praktikum yang telah dilaksanakan dan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa :
  1. Arduino merupakan suatu alat pemograman yang menggunakan bahasa C.
  2. Arduino merupakan mikrokontroler dengan memiliki 2 fungsi yang harus ada yaitu void setup dan void loop.
  3. Didalam bahasa arduino terdapat banyak perintah variabel konstanta dan lain lain, pada pratikum kali ini kita menggunakan  fungsi digitalWrite ().

No comments: