Pages

Laporan Praktikum Pengenalan Rangkaian Instrumentasi dan Teknik Kendali

I. JUDUL ACARA II  : Pengenalan Rangkaian Instrumentasi dan Teknik Kendali
II. HARI/TANGGAL  : Selasa, 23 Juni 2020
III. TUJUAN   :
  1. Mengenal rangkaian Instrumentasi dan Teknik Kendali.
  2. Memahami fungsi setiap rangkaian Instrumentasi dan Teknik Kendali.

IV. ALAT DAN BAHAN
A. Alat
  1. Kabel USB Arduino : 1 unit
  2. Laptop : 1 unit

B. Bahan
  1. Arduino Uno R3 : 1 buah
  2. Breadboard         : 1 buah
  3. LCD Karakter 16x2         : 3 buah
  4. Kabel Jumper         : secukupnya




V. CARA KERJA
  1. Mempersiapkan alat dan bahan.
  2. Memahami fungsi setiap komponen rangkaian.
  3. Memuat dan mengamati rangkaian.
  4. Mencatat fungsi dan cara kerja rangkaian.

VI. HASIL PENGAMATAN


 





 
VII. PEMBAHASAN
     LCD (Liquid Crystal Display) 16x2 adalah jenis media tampilan  atau Display dari bahan cairan kristal sebagai penampil utama. LCD 16x2 dapat menampilkan sebanyak 32 karakter yang terdiri dari 2 baris dengan tiap baris menampilkan 16 karakter.Pada Arduino untuk mengendalikan LCD Karakter 16x2 untuk librarynya secara default sudah ada librarynya yaitu LiquidCrystal.h. LCD  ada bermacam-macam ukuran 8x1, 16x1, 16x2, 16x4, 20x4. Untuk mengendalikan atau mengontrol macam-macam LCD Karakter di atas dapat menggunakan Tutorial ini, perbedaannya hanya pada inisialisasi jumlah kolom dan baris. 
     Tujuan perancangan kali ini adalah agar dapat dengan mudah merangkai dan memprogram arduino yang terhubung ke sebuah LCD 16x2 dan mengetahui cara kerja rangkaian dan program yang dibuat sehingga bisa membuat tulisan apapun yang sobat inginkan. Disini kita menggunakan sebuah LCD 16x2 yang telah dipasang rangkaian I2C agar pengkabelan dari LCD ke Arduino menjadi lebih sedikit. bisa baca cara menghubungkan rangkaian I2C ke LCD 16x2. 
     Ketika rangkaian di nyalakan, arduino akan mengirimkan pesan berupa text atau angka yang telah kita buat pada sketch arduino  ke LCD melalui pin A6 dan A5 Arduino menuju pin SDA dan SCL pada LCD. Pin VCC pada LCD dihubungkan ke Pin 5V arduino untuk mencatu tegangan LCD sebesar 5V. Siapkan skema rangkian yang akan di gunakan Rangkai komponen yang telah di siapkan sesuai dengan skema project.  Kemudian sinkronkan port arduino dengan pc yang digunaka. Masukkan program percobaan dengan yang ada di "File-Example-LiquidCrystal-helloworld". Upload Program dan lihat pada layar LCD maka rangkian telah siap pada program berikutnya yaitu menampilkan text Demikianlah cara menampilkan tulisan pada Shield LCD 16x2. Sobat bisa membuat tulisan apapun dimulai dari kolom dan baris yang sobat inginkan. Sobat bisa menambahkan perintah-perintah lainnya seperti membuat tulisan menghilang, bergerak ke kiri atau ke kanan dan lainnya.
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2);
void setup() {
lcd.begin(16, 2);
lcd.setCursor(0,0);
lcd.print("hello, world!");
delay(500);
lcd.clear();
}
void loop() {
lcd.setCursor(0,0);
lcd.print(" labelektronika ");
lcd.setCursor(0, 1);
lcd.print(millis() / 1000);
}




VIII. KESIMPULAN
     Berdasarkan praktikum yang telah dilaksanakan dan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa :
  1. Arduino Uno merupakan pengendali mikro single-board yang bersifat open-source.
  2. Modulkit mikroprosessor yang dapat menjalankan perintah-perintah dari yang sederhana hingga yang kompleks.
  3. Sebagai sistem mikroprosessor yang lebih mudah dalam pemogramanya.
  4. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino.

No comments: